Kamis, 30 Desember 2010

Sekilas Tentang Website

Website adalah temuan unik dari kemajuan teknologi informasi. Untuk dapat berselanjar di dunia maya, kita membutuhkan suatu alamat yang bersifat unik, artinya alamat itu tidak ambigu dan hanya menuju ke satu tempat. Bagi Anda yang sering berkeliling di dunia maya, pastilah sudah mengenal luar dalam tentang website.
Website sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika kita ingin mencari sebuah informasi di internet, kita pasti mengetik nama alamat yang dituju di web browser(contohnya www.google.com).
Website adalah gabungan atau kumpulan halaman dari sebuah situs. Situs berada di World Wide Web atau sering disingkat WWW. World Wide Web itu sendiri adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan menyediakan berjuta-juta informasi. Sebenarnya bagaimanakah asal mula lahirnya website?

Penciptaan Web
Web diciptakan oleh sebuah organisasi di Eropa, yaitu CERN. Demi kemudahan komunikasi dan penyaluran informasi antar anggota yang tersebar di seluruh dunia, para peneliti CERN menciptakan sebuah sistem distribusi yang bisa menampilkan informasi dalam bentuk grafik, gambar atau suara. Sebagai media penyajiannya, dibuatlah web browser yang bisa diakses oleh semua pengguna.
Web browser pertama kali dibuat hanya berbasiskan teks padakomputer saat itu. Namun, penggunaan web browser tersebut perlahan-lahan ditinggalkan sejak kedatangan web browser yang bernama Mosaic.
Mosaic merupakan hasil dari sebuah penelitian yang lebih baik, karena memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya juga sudah berbasis grafik. Kemudian, kepopuleran Mosaic digantikan oleh Netscape Navigator ciptaan Silicon Graphics. Microsoft juga ikut meramaikan hadirnya web browser bernama Internet Explorer.
Pada 1994, Netscape Navigator merupakan web browser yang banyak digunakan selain Internet Explorer. hingga kini banyak web browserselain Explorer dan Netscape, di antaranya Mozilla Firefox buatan Mozilla Corporation dan Opera buatan Opera Software ASA.
Dengan web browser seperti Netscape, Internet Explorer, Mozilla Firefox atau Opera, kita akan mendapatkan tampilan situs yang penuh warna, bisa melihat cuplikan video dan suara asalkan komputer kita mempunyai fasilitas tambahan berupa VGA card dan sound card.


Jenis Website
Website itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu website statis dan website dinamis. Website statis adalah website yang informasididalamnya tidak dimaksudkan untuk diperbarui. Website ini biasanya memiliki seorang atau sebuah tim administrator yang menangani penggunaan software editor. Sedangkan website dinamis adalah website yang informasi di dalamnya diperbarui secara berkala.
Penggunaan website ini biasanya berhubungan dengan pengguna publik yang membutuhkan interaksi dua arah (antara administrator website dengan pengguna). Misalkan, kita mengisi sebuah form, setelah kita klik submit, halaman website akan terhubung ke halaman baru yang menerangkan informasi yang telah kita input ke form yang kita isi sebelumnya.
Hidup kita jadi mudah dengan adanya website. Ketika kita membutuhkan informasi mengenai sesuatu, yang kita lakukan hanyalah mengetik sebuah alamat website dan selanjutnya berjuta-juta informasi terbentang di hadapan kita.
Jika Anda ingin belajar tentang pembuatan website, Anda bisa mengunjungi situs AsianBrain.com. Di sini Anda akan belajar banyak hal tentang website, termasuk untuk keperluan Internet Marketing.

0 komentar:

Posting Komentar